Kelebihan Mebel Kayu Jati yang Bisa Menjadi Pertimbangan

Keunggulan yang terdapat pada kayu jati menjadi alasan yang menginspirasi pengrajin untuk menggunakan kayu jati sebagai bahan mebel. Selain itu juga menjadi primadona di masyarakat. Meskipun memiliki harga yang tinggi mebel kayu jati masih menjadi favorit.

Kelebihan Mebel Kayu Jati yang Bisa Menjadi Pertimbangan

Mebel terutama kursi dari bahan ini memiliki kesan mewah dan klasik yang membuat mebel berbahan jati cocok dijadikan sebagai perabot di ruang tamu.

Selain kedua hal tersebut, Anda masih bisa menemukan kelebihan dari mebel berbahan kayu jati ini. Berikut ini beberapa kelebihannya.

Tekstur dan Serat yang Unik

Jenis tekstur yang dimiliki setiap kayu bisa dipengaruhi oleh rongga kayu, zat ekstraktif, dan kandungan air yang terdapat di dalamnya. Dari tekstur ini akan menunjukkan tingkat kehalusan suatu kayu. Semakin kecil pori-pori yang dimiliki, maka semakin halus permukaan kayu tersebut. Kayu jati ini dianggap sebagai kayu yang memiliki serat dan tekstur paling indah serta unik.

Hal ini membuat banyak orang terutama di Jambi memilih furniture yang berbahan dasar kayu jati. Meskipun memang kayu ini memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan furniture berbahan dasar kayu lainnya.

Tahan Rayap dengan Perawatan Mudah

Rayap memang menjadi salah satu ketakutan terbesar untuk mebel dengan bahan dasar kayu. Akan tetapi hal ini tidak berlaku untuk furniture dengan kayu jati karena bahan ini memiliki tameng alami dari kandungan minyak yang tinggi. Perawatan furniture ini juga tergolong mudah. Hanya dengan membersihkan mebel dengan kain yang sudah dibasahi dengan sedikit air.

Memiliki Warna yang Menawan

Kayu jati memiliki warna coklat dan emas di bagian kayu terasnya. Sementara itu pada bagian kayu gubalnya berwarna krem atau putih kecoklatan. Pada jenis tertentu, kayu jati memiliki warna kemerahan saat dibelah. Menariknya, setelah dipanaskan dibawah sinar matahari dan dibiarkan di tempat terbuka warna tersebut akan berubah menjadi coklat muda.

Sehingga warna alami yang kayu jati hasilkan memberikan kesan mewah serta klasik dan cocok untuk dijadikan kreasi pada furniture. Kelebihan yang dimiliki oleh mebel kayu jati ini membuat banyak orang akhirnya memilihnya sebagai furnitur di ruang tamu. Oleh karena itu, harus benar-benar teliti dalam memilih furniture berbahan kayu jati termasuk di Jambi.

Tips Memilih Mebel Berbahan Kayu Jati

Berikut ini beberapa tips untuk Anda yang ingin membeli furnitur dari kayu jati.

  1. Finishing yang terlihat bagus dan halus.
  2. Menghindari mebel jati yang memiliki banyak lubang di permukaan mebelnya.
  3. Furniture tersebut memiliki konstruksi kokoh dan bentuk yang simetris.
  4. Memilih mebel dari bahan kayu jati tua dengan usia 20 hingga 30 tahun.
  5. Mengusahakan mendapatkan furniture dari kayu jati asli Jepara.

Itulah beberapa kelebihan serta tips memilih mebel kayu jati yang bisa menjadi referensi Anda. Jika saat ini Anda sedang mencari furniture untuk ruang tamu dan ingin yang terbaik bisa mengunjungi plazamasrum. Karena mereka hanya memberikan produk dengan kualitas terbaik dan sudah terjamin awet. Sehingga Anda tidak akan dirugikan dengan harga dan kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *